Sabtu, 24 Desember 2011

Cara Pemilihan Sampel

Cara Pemilihan Sampel
A.    Probability Sampel
Hal yang prinsip pada probability sampel adalah bahwa tiap subyek dalam populasi (terjangkau) mempunyai kesempatan yang sama untuk terpilih atau tidak terpilih sebagai sampel penellitian. Jenis probability sampling :
a.       Simple random sampling
Pada simple random sampling kita hitung terdahulu jumlah subyek dalam populasi terjangkau yang dipilih sebagai subyek penelitian. Setiap subyek penelitian diberikan nomor, dan di pilih sebagian dari mereka dengan bantuan tabel angka random.
b.      Sistematic sampling
Samling sistematik ditentukan bahwa dari seluruh subyek dapat dipilih, srtiap subyek nomor ke-sekian dipilih sebagai sampel. Bila ingin diperoleh 1/n dari populasi, maka setiap pasien ke-n dipilih sebagai sampel. Jadi seperti pada random sampling setiap subyek penelitian yang memenuhi kriteria untuk dipilih diberi nomor.
c.       Stratified random sampling
Dalam penelitian tidak jarang ditemukan keadaan tertentu, sehingga setiap klompok (kita sebut strata) memberikan nilai yang jelas berbeda. Bila sampling dilakukan terhadap semua subyek yang  dilakukan sebagai satu kesatuan, akan diperoleh sampel yang besar akan variasi tertama pada junlah subyek tidak banyak, dan simpulan penelitian menjadi bias. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu dilakukan stratifikasi dan pemilihn subyek berdasarkan atas strata.
Pada cara ini subyek dipilih secar acak untuk setiap strata ,kemudian hasilnya dapat digabungkan menjadi satu sampel yang ternebebas dari variasi untuk setiap strata . variabel yang sring dilakukan adalah jenis kelamin,umur, raskondisi sosial-ekonomi dan lain-lain.
d.      Cluster Sampling
Cluster Sampling sampel dipilih secara acakpada klompok individu dalam populasi yang terjadi secara ilmiah. Cara ini sangat efisien apabila populasi tersebar luas sehingga tidak munakin membuat daftar seluruh populasi tersebut. .


B.     Non- Probability Sampling
Non-probability sampling adalah cara pemilihan sampel yang lebih praktis dan mudah dilakukan daripada probability sampling ,karenanya dalam penelitian klinis lebih sering digunakan daripada probability sampling .
a.       Consecutive sampling
Pada consecutive sampling semua subyek yang datna secara berurutan dan memenuhi kriteria pemilihan dimasukan kedalam  penelitian sampai jumlah subyek terpenuhi. Cara ini merupakan cara yang paling baik dan sering kali sebagai cara termudah dalam teknik non-probabilty sampling .
      Agar pemmilihan subyek penelitian dapat menyerupai hasil dengan probability sampling,maka jangka waktu dalam penelitian harus tidak terlalu pendek,tertama untuk penyakit yang di pengaruhi oleh musim.
b.      Convinient Sampling
Cara ini merupakan cara termudah dalam menarik sampel, namun skligus cara yang pa;ling lemah. Pada cara ini sampel diambil tanpa sistematika tertentu, sehingga jarang dianggap dapat meakili populasi terjangkau apalagi populasi target penelitian.
c.       Judgmental sampling atau purposive sampling
Pada judgmental sampling atau purposive sampling, peneliti memilih responden berdasarkan pada pertimbangan subyektif dan praktis,bahwa responden tersebut dapat memberikan informasi yang memadai untuk menjawab pertanyaan peneliti.




KESAHIHAN INTERNA DAN EKSTERNA
Kesahihan (validitas interna ) suatu penelitian menunjukan apakah hasil studi bebas dari kesalahan acak,bias,dan perancu (confounding). Dengan kata lain ,apakah asosiasi yang diperoleh oleh variabel-variabel peneliti. Aspek ketelitian ketepatan desain, seleksi subyek, dan pengukuran berperan penting dalam validitas interna.
      Kesahihan Eksterna menunjukan berapa baik hasil penelitian tersebut dapat diterapkan pada klompok yang lebih luas. Dari sampel yang dikehendaki ke populasi terjangkau srikngkali disebut sebagai kesahihan eksterna pertama, sedangkan dari populasi terjangkau ke populasi target merupakan kesahihan eksterna yang kedua. Suatu penelitian dapat menyelesaikan kesahihan eksterna yang baik apabila kesahiahan interna disellesaikan dengan baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons